Tempat Tes IQ Terdekat di Jogja Ada Dimana? Dapatkan Dengan Biaya Murah Disini!

Konten [Tampil]

Tempat Tes IQ Terdekat di Jogja - Tes IQ adalah sebuah metode yang bisa ditempuh dalam mengukur tingkat kecerdasan individu. Tes IQ berguna dalam membantu individu yang ingin tahu sejauh mana kemampuan intelektual mereka mampu bekerja. Walaupun Tes IQ tidak menjadi satu-satunya patokan dalam mengukur kecerdasan, namun melalui tes IQ setidaknya akan dapat mengetahui seberapa kapasitas diri. Ada cukup banyak lembaga yang menyediakan layanan Tes IQ di berbagai wilayah, satu diantaranya yang banyak dicari adalah tempat Tes IQ terdekat di Jogja.

Tempat Tes IQ terdekat di Jogja memberikan manfaat apa saja?

Dalam artian harfiah, IQ merupakan kependekan dari Intelligence Quotient dimana memiliki makna nilai kecerdasan. Hal tersebut kemudian menjadikan sebagian masyarakat memiliki anggapan kalau Tes IQ merupakan tes buat mengukur kecerdasan. Nilai skor dalam laporan hasil tes IQ, menjadi panduan apakah individu tersebut masuk dalam kategori cerdas atau bukan. Sebenarnya anggapan ini kurang pas, sebab menurut beberapa ahli psikologi terdapat faktor-faktor lain dimana mampu memberikan pengaruh terhadap tingkat kecerdasan individu. Bila demikian, lalu apa saja manfaat layanan tempat tes IQ terdekat dan berapa biaya untuk uji tersebut? Berikut ini beberapa penjelasan diantaranya.

Melalui Tes IQ memang dapat diperoleh cerminan terkait kemampuan individu dalam mempelajari sesuatu, Akan tetapi melalui Tes IQ tidak menjadi satu-satunya yang menentukan kecerdasan seseorang. Yang menentukan kecerdasan seseorang bukan cuma terbatas pada logika saja, namun terdapat juga spiritual, empati, sosial dan kreativitas, dimana perihal tersebut tadi tak dapat diukur dengan Tes IQ.

Tempat Tes IQ Terdekat di Jogja

1. Mengukur kemampuan dan kapasitas akademik

Melalui Tes IQ, maka kita akan bisa menakar seberapa kemampuan serta kapasitas akademik yang dimiliki. Dalam pelaksanaan, tempat Tes IQ terdekat di Jogja akan menyajikan sejumlah soal yang perlu untuk dijawab. Berdasarkan jawaban dari pertanyaan tersebut, berikutnya hasil tes akan diperiksa oleh Psikolog Jogja guna memperoleh terkait berapa serta bagaimana kondisi kecerdasan individu teresebut dimana akan memberikan pengaruh pada kemampuan juga kapasitas akademiknya. 

2. Untuk bahan pertimbangan ketika menentukan konsentrasi studi 

Hasil dari tes IQ bisa juga dipakai sebagai pedoman untuk pertimbangan tentang bagaimana kecenderungan otak dalam berpikir, apakah dominan menggunakan otak kanan atau kiri. Pada umumnya pada saat hendak memulai jenjang pendidikan SMA, begitu pula ketika mendaftar ke perguruan tinggi, siswa cenderung bingung dalam menentukan pilihan konsentrasi studi / jurusan mereka. Dengan menggunakan laporan hasil dari tempat tes IQ terdekat di Jogja ini, akan mampu menjadi sebagian langkah tepat dalam mengetahui arah mana kemampuan berpikir yang lebih dominan. 

3. Mengetahui kemampuan analisis masalah dan solusinya 

Menggunakan laporan hasil tempat Tes IQ terdekat di Jogja ini juga, bisa dipakai dalam mengetahui kemampuan analisis problematika juga bagaimana cara menyelesaikan. Kememapuan yang dimiliki otak dalam melakukan problem solving tentu tidak sama untuk setiap orang. Melalui Tes IQ, maka bisa didapatkan cerminan tentang bagaimana kecenderungan otak dalam melakukan analisis guna menemukan solusi yang ada. Perihal seperti ini butuh untuk diketahui supaya individu mampu memaksimalkan potensi intelektual yang dipunyai.  

4. Guna mengetahui potensi gangguan kecerdasan

Sepertinya adalah sesuatu yang mustahil bila setiap orang akan terus mampu berpikir dan belajar tanpa pernah mengalami gangguan. Hambatan intelektual yang tak terpecahkan dapat menghambat aktivitas belajar, yang menjadikan individu tak mampu konsentrasi serta fokus. Lewat hasil Tes IQ, seseorang akan mendapatkan cerminan terkait perihal yang memiliki potensi sebagai hambatan intelektual. bila telah mengetahuinya, maka akan lebih gampang untuk menemukan solusi supaya hambatan tersebut tak mengganggu konsentrasi. 

5. Untuk membantu pertimbangan dalam menentukan karier 

Melalui hasil laporan hasil yang diperoleh dari tempat Tes IQ terdekat di Jogja yang sudah berpengalaman, maka dapat sebagai tambahan pertimbangan dalam penetuan karier apa saja yang paling sesuai bila didasarkan pada kemampuan intelektual individu tersebut. Jenis kemampuan intelektual yang dipunyai apakah spasial, numerik, analitik, teknikal, dan lain-lain, bisa mencerminkan karier seperti apa yang ideal untuk individu tersebut.

Bagaimana mengenali kategori hasil Tes IQ?

Tes IQ atau intelligence quotient menjadi salah satu kualifikasi kecerdasan seseorang yang dipakai dalam menilai kemampuan kognitif individu. Hasil dari melakukan Tes IQ, akan memperlihatkan skor sebagai ukuran kemampuan individu berdasar dari tingkatannya.

Pertama kali Tes IQ dibuat oleh Alfred Binet seorang psikolog dari Prancis pada awal abad ke-20, dan sampai kini alat tes Stanford-Binet masih dipakai.

Seiring berlalunya waktu, tes IQ dikembangkan kembali oleh psikolog Charles Spearman berupa konsep kecerdasan secara keseluruhan atau kemampuan mental dalam melakukan berbagai tugas kognitif.

Tak jarang hasil Tes IQ dihubungkan dengan kemampuan akademis individu, dimana orang dengan hasil Tes IQ tinggi cenderung dianggap cerdas dan lebih mudah mencapai prestasi secara akademik. Sebaliknya orang yang memperoleh skor IQ tidak tinggi akan dikaitkan dengan gangguan intelektual.

Berikut ini adalah klasifikasi Tes IQ dari Stanford-Binet edisi ke-5 (SB5) yang dipublikasikan pada tahun 2003.

  • Skor IQ 144+ : kategori sangat berbakat
  • Skor IQ 130-144 : kategori berbakat
  • Skor IQ 120-129 : kategori superior.
  • Skor IQ 110-119 :kategori di atas rata-rata/rerata tinggi.
  • Skor 90-109 : kategori rata-rata.
  • Skor 80-89 : kategori di bawah rata-rata/rerata rendah.
  • Skor 70-79 : kategori IQ dengan borderline impaired or delayed.
  • Skor 55-69 : kategori IQ dengan gangguan atau keterlambatan ringan.
  • Skor 40-54 : kategori IQ dengan gangguan atau keterlambatan moderat.

Memperoleh skor Tes IQ rendah tak kemudian berarti orang tersebut mempunyai kecerdasan terbelakang atau sulit sukses. Sebaliknya, ada orang yang terbilang cerdas tapi mempunyai prestasi yang biasa saja.

Para ilmuwan dalam bidang psikologi menyampaikan bahwa Tes IQ memiliki sifat cukup relatif, dimana memiliki arti bahwa hasil tes ini tidak mutlak karena bisa naik serta turun seiring dengan waktu yang berlalu.

Berapa biaya tempat Tes IQ terdekat di Jogja?

Biaya layanan tempat Tes IQ terdekat di Jogja untuk paket individu adalah dari Rp 125.000, namun biaya tersebut dapat makin murah bila tes diikuti secara klasikal atau berkelompok. Berbagai jenis alat Tes IQ yang digunakan akan digunakan sesuai kebutuhan dan tujuannya, ini menjadikan tarif dan biaya Tes IQ yang diinformasikan akan berlainan sesuai dengan alat tes yang dipakai.

Dimana tempat Tes IQ terdekat di Jogja?

Bila saat ini perlu layanan dari tempat Tes IQ terdekat di Jogja supaya bisa memperoleh hasil laporan yang valid, maka Biro Psikologi Jogja Laksita Educare telah menyediakan fasiltas tes IQ dengan disajikan oleh psikotester berpengalaman serta biaya tes yang murah. 

Tes IQ (Intelligence Quotient) dari Biro Psikolog Jogja Laksita Educare akan memberikan manfaat dan kegunaan sesuai dengan kebutuhan serta biaya murah terjangkau.

Untuk memperoleh jadwal layanan dari tempat tes IQ terdekat di Jogja, silahkan hubungi via WhatsApp di nomor 08170434500. Atau klik https://go.lei.my.id/wa guna terhubung langsung bersama layanan pelanggan Laksita Educare Yogyakarta.

Pages

biro psikologi jogja