Apa Manfaat Test Potential Review di Jogja? Berikut Diantaranya!

Konten [Tampil]

Tes Potential Review adalah sebuah jenis tes psikologi yang digunakan untuk mengungkap potensi dasar pada setiap orang, sehingga dapat disesuaikan dengan bidang pekerjaan sesuai passion. Tes potensial review memiliki manfaat dimana akan membantu setiap seorang yang tengah mencari pekerjaan atau profesi sesuai passion yang dipunyai. Manfaat tes ini juga membantu perusahaan ketika menempatkan karyawan atau pegawai sesuai pada bidang kerja sesuai potensi mereka. 

Potential review telah dijadikan metode dalam mengevaluasi performa serta kesiapan karyawan, dimana nantinya akan bermanfaat sebagai pertimbangan ketika melakukan promosi pada karyawan, berdasarkan kriteria yang sesuai dengan efektif dan objektif. Dengan demikian maka perusahaan dapat memperoleh cerminan terkait prediksi karyawan mereka dari segi performa kerja pada masa mendatang.

Apa Tujuan Tes Potential Review?

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui ukuran potensi dan kompetensi seorang karyawan yang paling valid untuk menerima tanggung jawab pada bidang tugas tertentu dan saran pengembangannya. Karyawan juga dapat lebih memahami kekuatan dan kelemahan diri sehingga menjadi lebih siap untuk menerima tugas dan tanggung jawab jabatannya.

Dengan manfaat tes potential review yang sangat memberikan kontribusi dalam bidang pekerjaan, tes ini memiliki tujuan mengetahui potensi dalam diri seseorang. Ketika potensi dasar yang dipunyai seseorang telah diketahui, maka akan mampu merencanakan bagaimana metode untuk mengembangkan potensi tersebut, apalagi terkait bersama profesi atau jenis pekerjaan yang selaras dengan hasil tes tersebut. Karena itu tes potensial review sangat membantu setiap orang dalam menemukan serta menjalani pekerjaan atau profesi yang selaras bersama potensi yang dipunyai.

tes potential review

Tak sedikit individu pada saat mencari lowongan pekerjaan atau sudah menjalani sebuah profes,i mengalami kesulitan bahkan tak mampu bersaing. Dapat saja perihal ini dikarenakan ketika mencari atau menjalani profesi tersebut, sesungguhnya tidak selaras dengan potensi yang dimiliki. Ketika seseorang gagal melalui tes seleksi karyawan, sebenarnya belum tentu dikarenakan kemampuannya yang kurang memenuhi ketentuan. Namun lebih disebabkan potensi yang dipunyai tak sesuai dengan kebutuhan calon tempat kerjanya. Padahal sebenarnya berdasarkan hasil tes tersebut, terlihat bahwa dia sesungguhnya memiliki potensi yang cukup menonjol di bidang lain.

Pada dunia kerja tak jarang pula terdapat tenaga kerja yang merasa sulit ketika menjalani bidang pekerjaannya saat itu. Tapi pada saat dilakukan test potential review ternyata mempunyai potensi yang lebih baik dalam bidang lainnya. Fakta ini meperlihatkan bahwa pada dasarnya tak semua orang yang nampaknya tidak mampu bekerja optimal, ada kemungkinan karena berada pada tempat yang tak sesuai dengan potensi dasarnya.

Apa manfaat Test Potential Review pada industri organisasi?

Dapat dipastikan bahwa setiap industri organisasi memiliki harapan untuk memiliki tenaga kerja yang ahli serta menguasai bidang kerjanya. Sebab dengan begitu menjadi salah satu penentu kemajuan bisnis suatu perusahaan, juga mengoptimalkan kinerja dari sebuah organisasi. Mengelola tenaga kerja dalam sebuah industri organisasi atau perusahaan, menjadi penting untuk dilaksanakan dengan serius serta berkelanjutan. Sumber daya berupa tenaga kerja yang dikelola secara baik, akan memiliki manfaat pada berbagai kepentingan. Bisa berupa mutasi, promosi, pindah jabatan juga terminasi, serta berbagai kebutuhan pengembangan lainnya terkait dengan pengolahan SDM.

Tak hanya pada proses seleksi karyawan, manfaat juga tujuan dari Test Potential Review pada bidang industri organisasi yaitu untuk meninjau kembali beragam potensi yang berkembang dalam diri karyawan saat ini. Setiap karyawan yang sudah bekerja selama beberapa tahun ke belakang, tentu mengalami proses pembelajaran yang tak sama antara satu dengan lainnya. Dengan begitu strength dan weakness yang dimiliki oleh setiap pegawai saat ini juga akan menjadi berbeda. Inilah sebuah manfaat dengan melakukan Potential and Competency Review supaya nantinya penempatan dapat disesuaikan kembali.

Test potential review ini akan melihat secara menyeluruh potret dari tenaga kerja pada sebuah lingkungan industri dan organisasi. Ada tak sedikit aspek dari tenaga kerja yang bisa dilihat diantaranya kemampuan, kepribadian, pola kerja, dan sebagainya. Potential review yang dilakukan akan memperlihatkan laporan untuk mengetahui potensi diri setiap peserta. Dalam penyajiannya, tes potential review diberikan berupa tes tertulis, wawancara, dan talents mapping yang disajikan berupa psikotes.

Test tersebut dilakukan bersifat kuantitatif dan kualitatif, dengan menggunakan alat psikotes yang valid serta reliable dengan didukung para Psikolog Jogja yang mempunyai SIPP dari HIMPSI.


tes potensial review

Bagaimana metode Tes Potensial Review dilakukan?

Tes psikologi ini dapat disajikan dengan menggunakan beberapa alat psikotes sesuai dengan tujuan ukur yang meliputi :
  • Tes kemampuan umum dan khusus
  • Tes kepribadian
  • Tes pola kerja
  • Dan tes gaya kepemimpinan

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dalam bidang industri organisasi menggunakan Test Potential Review ini diantaranya :

  • Mengetahui kompetensi tenaga kerja dalam hal aspek kemampuan, kepribadian, pola kerja serta gaya kepemimpinan.
  • Mengetahui kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh tenaga kerja sehingga bisa dilakukan pengembangan.
  • Membuat perencanaan tenaga kerja untuk berbagai keperluan diantaranya mutasi, pindah jabatan, promosi, demosi, terminasi, program pelatihan, dan sebagainya.
  • Saran serta rekomendasi untuk perbaikan atau pengembangan tenaga kerja selanjutnya
  • Dan masih banyak lagi manfaat yang dapat diperoleh sesuai kebutuhan dan kondisi lingkungan kerja.

Dimana bisa melakukan Tes Potential Review di Jogja?

Untuk mendapatkan layanan serta informasi lebih lengkap terkait Test Potential Review di Jogja, termasuk mengenai biaya serta jadwal layanan lain, silahkan menghubungi Biro Psikologi Jogja Laksita Educare melalui WhatsApp di 08170434500. Atau klik https://go.lei.my.id/wa untuk langsung terhubung dengan layanan pelanggan Laksita Educare.

Pages

biro psikologi jogja