Apakah Konsultasi Psikologi Jogja Bisa Online? Berikut Manfaat & Biaya Konsultasi Psikolog!

Konten [Tampil]

Konsultasi Psikologi Jogja Online adalah salah satu cara untuk penanganan masalah maupun gangguan mental melalui konseling secara daring bersama psikolog di Yogyakarta. Ternyata, tidak sedikit individu yang masih merasa ragu serta mempunyai anggapan kalau menjalani konsultasi bersama psikolog cuma dilakukan oleh orang yang memiliki gangguan jiwa. Faktanya, kesehatan mental tak berbeda pentingnya seperti kesehatan fisik.

Konsultasi psikologi merupakan sebuah komunikasi dua arah (1 on 1 consultation) diantara klien dan psikolog, dengan tujuan menemukan solusi terhadap masalah yang terkait perasaan, perilaku, atau gangguan mental yang dialami seseorang.

Apa manfaat konsultasi psikologi Jogja online pada kesehatan mental?

Dalam sesi konsultasi psikologi untuk menemukan solusi, dilakukan berdasarkan kondisi kejiwaan dan cara berpikir klien serta pengaruhnya terhadap perilaku individu tersebut, yang akan didiagnosa psikolog dalam proses konsultasi.

Dengan menjalani konsultasi psikologi, diharapkan dapat membantu setiap individu untuk menyelesaikan masalah dan keluhan, terutama yang berkaitan dengan perasaan, emosi, sosial, dan perilaku.

Sebelum menjalani sesi konsultasi psikologi, psikolog perlu membangun komunikasi yang baik dan rasa saling percaya sehingga klien dapat lebih terbuka dalam menceritakan masalah yang dihadapinya.

Konsultasi Psikologi Jogja Online

Apa yang dilakukan psikolog ketika konsultasi psikologi?

  • Membantu memahami atau mengubah sudut pandang terhadap permasalahan yang sedang dihadapi klien.
  • Membimbing atau memberi saran untuk menghadapi permasalahan yang sedang dialami, misal ketika dihadapkan terhadap beberapa pilihan hidup yang sulit.
  • Membantu mengatasi kesedihan, rasa cemas, rasa takut berlebihan, atau kebiasaan buruk yang telah mengganggu aktivitas keseharian. Biasanya melalui proses terapi psikologi.
  • Menelusuri permasalahan dalam hubungan bersama orang lain, termasuk bersama keluarga, teman, atau pasangan.
  • Melakukan diagnosis serta mengatasi gangguan mental, baik berupa depresi, gangguan kecemasan, bipolar, atau bahkan skizofrenia
  • Tak sama dengan psikiater, seorang psikolog tidak akan memberikan resep obat kepada kliennya. Walau demikian, ketika kondisi kejiwaan membutuhkan pengobatan, tetap dapat didiagnosis oleh psikolog. Namun jika ternyata pasien membutuhkan terapi obat, maka psikolog akan merujuknya ke psikiater.

Kapan saat tepat utuk menjalani konsultasi psikologi?

Beberapa pertanda ketika seseorang sebaiknya segera melakukan konsultasi psikologi diantaranya:

1. Masalah yang dialami telah begitu menggangu

Sebuah masalah yang dihadapi seseorang, dapat saja menjadikan dirinya susah untuk konsentrasi ketika menjalani pekerjaan atau aktivitas setiap hari. Sering juga masalah menjadikan seseorang menjadi putus asa, rasa cemas berlebihan, susah tidur, bahkan kehilangan nafsu makan.

Apabila sebuah masalah telah sangat mengganggu aktivitas atau bahkan kehidupan setiap hari, maka kemungkinan sudah saatnya membutuhkan konsultasi psikologi baik secara online atau bertemu langsung.

2. Tak berhasil mengatasi masalah seorang diri

Pada saat seseorang merasa sedih, cemas, atau takut, kemudian telah mencoba melakukan beragam upaya supaya merasa lebih baik, berupa dengan curhat, membaca buku motivasi, atau mengalihkan pikiran dengan berolahraga.

Apabila segala cara telah lakukan namun tetap tak membuahkan hasil, mungkin sudah saatnya untuk melakukan konsultasi psikologi. Tidak perlu ragu, dengan meminta bantuan ke psikolog bukan berarti akan dianggap gila atau lemah.

3. Melakukan pelampiasan masalah pada hal negatif

Ada sebagian individu yang berusaha melupakan masalah dengan melakukan pelampiasan terhadap hal-hal yang berdampak buruk bagi diri mereka, seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol, memakai obat-obat terlarang, atau bahkan makan berlebihan.

Jika hal tersebut dilakukan maka dapat menjadi tanda lain bahwa sudah saatnya membutuhkan konsultasi psikologi.

4. Habis mengalami kejadian traumatis

Mengalami kejadian traumatis tak jarang memberikan rasa sedih yang berkepanjangan, seperti kehilangan orang tercinta, perceraian, atau kehilangan pekerjaan. Terlebih bila rasa sedih yang dirasakan tidak kunjung hilang, maka konsultasi psikologi menjadi perlu dilakukan. Hal ini disebabkan tak semua orang mampu menghadapi kejadian berat sendirian sehingga membutuhkan bimbingan atau terapi.

Dengan melalui konsultasi psikologi, setiap orang diharapkan dapat terbantu dalam menemukan metode terbaik bagi diri sendiri untuk menghadapi masalah kehidupan yang muncul dan mengendalikannya.

Apa manfaat melakukan konsultasi psikologi?

Masalah menjadi tidak masalah apabila seseorang mampu menghadapi dan menyelesaikannya. Namun bagaimana ketika kita tidak siap menerimanya? 

Ketika sebuah masalah datang dan kita tidak siap untuk menghadapinya, maka akan berpotensi mengganggu kestabilan emosi, hingga memengaruhi aktivitas keseharian. Tentu saja hal seperti ini tidak boleh dibiarkan dan perlu segera diatasi. Terlebih ketika masalah tak mampu lagi dihadapi sendirian, maka peran pihak ketiga diharapkan akan membantu untuk meringankan beban pikiran dan menemukan jalan keluar dari masalah. Karena ketika sedang berada dalam kondisi tersebut, biasanya akan sulit untuk mampu berpikir jernih.

Karena sebab itu, tidak ada salahnya bila kemudian menjalani konsultasi psikologi bersama Psikolog Jogja berpengalaman baik secara online atau onsite. Melalui konsultasi pikologi, maka akan dapat mencurahkan segala keluh kesah atau keresahan tanpa perlu takut akan dihakimi, dengan begitu membantu kita melalui masalah yang sedang dihadapi.

Berapa biaya konsultasi psikologi Jogja online dan onsite?

Biaya untuk melakukan konsultasi psikologi di beberapa tempat layanan cukup bervariasi. Ini semua tergantung dari aturan atau kebijakan setiap rumah sakit, klinik, atau biro psikologi. Bila berkeinginan untuk menjalani konsultasi psikologi, bisa diperoleh dengan biaya mulai Rp 200.000 per jam. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih untuk berjaga-jaga jika diperlukan layanan tambahan seperti hipnoterapi atau terapi lain..

Apa yang perlu disiapkan sebelum menjalani konsultasi psikologi online?

Beberapa hal yang penting untuk disiapkan sebelum menjalani konsultasi psikologi diantaranya dengan mencatat keluhan atau masalah yang sedang dialami, juga mempersiapkan mental dan fisik untuk menjalani pemeriksaan dan perawatan psikologis. 

Saat menjalani konsultasi psikologi, jawablah pertanyaan dan ceritakan masalah secara jujur sesuai fakta, supaya lebih mudah bagi psikolog dalam membantu mengatasi kondisi mental yang dialami.

Bila memilih untuk melakukan konsultasi psikologi online, maka persiapkan juga tempat yang nyaman dan bebas gangguan dari faktor eksternal, pastikan pula kondisi baterai dan koneksi internet serta kuota semua mencukupi.

Dimana tempat konsultasi psikologi Jogja yang bisa online dan onsite?

Bila membutuhkan layanan konsultasi psikologi online atau onsite di Yogyakarta, maka silahkan untuk menghubungi Biro Psikolog Jogja Laksita Educare yang beralamat di Jl. Wates Km 12 Argosari Sedayu Bantul Yogyakarta untuk memperoleh layanan konsultasi psikologi Jogja yang tepat sesuai dengan akar masalah.

Layanan Konsultasi Psikologi Jogja sudah banyak dipercaya karena memiliki tenaga ahli terbaik dalam terapi dan konsultasi psikologi yang didukung para psikolog profesional. Untuk mendapatkan informasi tentang biaya dan jadwal konsultasi psikologi di Jogja, silahkan menghubungi melalui WhatsApp ke nomor 08170434500. Atau klik https://go.lei.my.id/wa untuk langsung terhubung dengan layanan customer service.

Pages

biro psikologi jogja